Black Bee Hi-Pro, Madu yang Bukan Sekadar Madu

Masih adakah yang tak kenal kehebatan madu? Rasanya, tidak. Karena, hampir semua orang dewasa normal mengenal madu. Bahkan, minum madu untuk membuat badan bugar sudah dilakukan orang sejak zaman dahulu kala. Konon, ratu Mesir yang terkenal dengan kecantikannya, Cleopatra, menggunakan madu untuk merawat kesehatan dan kecantikannya itu.

Lalu, adakah dasar yang menyatakan minum madu itu bagus bagi kesehatan? Ada. Sejumlah penelitian ilmiah menyatakan, madu mengandung komponen kimia yang memiliki efek koligemik, yakni asetilkolin. Zat ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanannya. Madu juga mengandung gula yang tinggi. Namun, jenis gulanya adalah glukosa dan fruktosa, yang kadarnya hingga 70%. Sedangkan sukrosanya hanya 1,9%. Tentu saja ini berbeda dengan gula pasir, yang sukrosanya sangat tinggi. Karena sukrosanya rendah, madu mudah diserap oleh tubuh sehingga tak menumpuk dulu di pembuluh darah sebelum diserap sel tubuh. Itulah sebabnya madu tidak meningkatkan kadar gula darah. Karena yang meningkatkan kadar gula darah adalah gula yang menumpuk di dalam pembuluh darah. Selain itu, di dalam madu terkandung vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B2, juga mineral kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, dan iodium. Inilah yang membuat madu bagus untuk meningkatkan vitalitas, terutama bagi pria. Bahkan, di dalam madu juga terdapat zat antibiotik dan asam organik seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat.

Namun, di dunia dagang, madu yang dipasarkan amat beragam. Harganya pun sangat variatif, mulai dari yang sangat mahal hingga yang sangat murah. Lalu, apakah kemurniannya terjamin? Menurut ahli di bidang madu, madu murni pasti harganya mahal. Untuk kurs saat ini tak mungkin dijual dengan harga sekitar atau di bawah lima puluh ribu rupiah untuk volume 200 mililiter. Tapi, bisa juga seorang pengusaha menjual madunya dengan harga seperti itu jika produknya itu dicampur dengan bahan lain. Ini disebut fortifikasi, dan ini banyak terjadi. Dan, ini dibolehkan alias legal asal tidak menyalahi aturan yang ditetapkan oleh lembaga berkompeten. Artinya, madu tersebut asli tapi tidak murni. Campurannya bisa bermacam-macam, dan biasanya glukosa, fruktosa, atau sari herbal berkhasiat. Jika dicampur dengan ramuan yang tepat, tentu saja hal ini bisa menambah nilai manfaat. Seperti yang dilakukan oleh produsen Black Bee.

Ya. Sejak awal 2018, di pasaran telah beredar madu dengan nama Black Bee. Menurut formulatornya, Iwan Benny, Black Bee diformulasikan khusus untuk menjaga stamina agar tetap prima dan membuat tubuh awet muda. Produk ini dibuat dari bahan-bahan alami, yaitu madu kaliandra, kolagen, daun teh santoon, fruktosa, dan rempah. Menurut sarjana Teknologi Industri Pertanian lulusan IPB Bogor tersebut, saat ini selayaknya semua orang rajin mengonsumsi madu yang manfaatnya nyata untuk pemeliharaan kesehatan, seperti Black Bee ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *